kalibiru
sunrice merapi
pantai tersirat
Tuk si Bedug
Pasar Bubrah, Merapi
Candi Ijo
Taman Pelangi, Jogjakarta
Curug Silawe
Share

Menjelajahi potensi wisata di Yogyakarta tidak akan ada habisnya. Di web faroha telah dipaparkan tempat-tempat wisata yang familiar bagi masyarakat, maupun yang masih asing. Jika diamati lebih cermat, di faroha lebih banyak dipaparkan tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Gunung Kidul dan Bantul. Kenapa demikian? silahkan jawab menurut analisis mu sendiri...:-)

Jalan jalan ke Bantul melewati Dlingo, tentu Anda akan menemui Desa Pandeyan. Nah, di Desa tersebut terdapat tempat yang mirip dengan bukit bintang (hargodumilah). Panorama yang indah, lalu lintas yang tidak seramai di hargodumilah, membuat tempat ini menjadi spesial.

Watu Amben, yang terletak di desa Pandeyan merupakan sebuah tempat yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Untuk menuju ke Watu Amben, dari arah kota Yogyakarta, dari bukit Bintang Anda bisa jalan saja terus ke arah perempatan Patuk – Gunungkidul. Setelah sampai di perempatan Patuk, (yang ke arah kiri adalah jalan menuju Gunung Api Purba serta Embung Nglanggeran) ambil saja jalan arah ke kanan yang menuju ke arah kecamatan Dlingo, ke selatan berjarak sekira 1,5km dari perempatan Patuk Gunungkidul, maka Anda akan menemukan spot watu amben Pandeyan di sebelah kanan jalan.

Saat berada di kawasan wisata watu amben, Anda akan melihat panorama yang indah. Bukit hijau, barisan rumah pemukiman warga, langit biru menambah indahnya panorama di watu amben. Buat yang suka foto-foto, tempat ini cocok untuk mengambil foto sunset dari tempat ini. Namun sayang, saat saya mampir kesini saya tidak berniat untuk foto sunset, namun ingin menuju ke Hutan Pinus yang berada di dlingo. Saya hanya mengambil foto panorama dan papan informasi saja.

 

Share
Share

air terjun kaleng 4

Ingin kesini sih sudah lama sekali, saat aku pergi ke Jembatan Gantung Selopamiro, aku sering lihat ada air terjun di sisi sebelah utaranya. Semakin lama semakin penasaran, dan akhirnya beberapa waktu lalu memberanikan diri untuk pergi ke air terjun itu. Padahal air terjun ini belum ada sama sekali yang menulis artikel nya di dunia maya. Maka dari pada itu aku mencoba menghadirkannya disini.

Untuk ke air terjun kaleng ini, paling mudah adalah kita berangkat dari terminal Giwangan keselatan, terus sampai Imogiri, ambil ke arah Goa Cerme. Nanti kita akan menemui Jembatan kali Oyo, nah, dari sebelum sampai jembatan (utara) kita akan menemui jalan aspal di seselah kiri (timur) ikuti aja jalan itu terus sampai ketemu Jembatan Gantung Selopamiro. “ Lho.....bukannya mau ke air terjun? “

“Oh iya..lupa” Oke..nanti jalan aspal itu habis dan diganti cor sebelum sampai ke Jembatan Gantung Selopamiro. Nah, di aspal habis itu kita akan bisa melihat batu yang terbelah di sisi utara. Nah, air terjunnya ada di bawah nya. Begitu.... Trus dari sini kita bisa menitipkan kendaraan di warga sekitar, lalu jalan kaki ke atas melewati persawahan yang indah dengan terasering nya. Atau kalau mau mudah bisa juga naik nya dengan menyusuri sunggai kecil dari bawah. Sampailah kita ke air terjun Kaleng ini.

air terjun kaleng 1

Apasih menariknya air terjun kaleng ini? Air terjun ini memang tidak sederas air terjun Sri Gethuk, atau air terjun yang lain. Biasa, namanya juga mata airnya dari perbukitan diatasnya. Tetapi tempatnya yang cukup sepi, membuat kita nyaman jika mau bermain-main air. Disini juga banyak sekali terdapat batuan sungai yang besar-besar. Beberapa batu sih menurut ku menarik untuk dijadikan objek bagi yang gila foto. Lalu, di sebelah atas, kata penduduk pas di batu yang terlihat terbelah tadi banyak dihuni sama monyet, jadi kadang kita bisa melihat bahkan bertemu dengan monyet disana. Tapi sayang, kemarin aku tidak bertemu. Hehehehe.. Sekedar info saja, disini penduduk nya baik-baik. Kemarin pas aku kesana pulangnya di kasih makan dan minum lho. Pas mau di bayar kami malah sedikit dinasehati. Ups..tapi ingat, kalau kesana jangan mengharap dapat makan juga yaa....hohohohooho...

Berikut beberapa dokumentasiku di air terjun kaleng. Semoga menjadikan referensi teman-teman yang mau kesana. 

air terjun kaleng 2

air terjun kaleng 3

air terjun kaleng 5

air terjun kaleng 6

air terjun kaleng 7

Share
Share

Heeeemmm sekarang udah mulai terkenal ya Mbucu Hiil ini...asek.. Emang sih ga' se terkenal Gunung Api Purba, atau Kali Biru yang menawarkan bentuk keindahan alam yang mirip, segolongan, masih sekeluarga lah. Mbucu Hiil memang bukan tempat wisata yang dikelola secara profesional baik swasta maupun pemerintah, tempat ini masih alami, hanya perseorangan saja yang mempromosikan ini sejak 2004 dulu kepada teman-teman nya, lalu meluas ke yang lainya. Jadi masih benar-benar bersifat saling mempromosikan sih disini, toh fasilitas disini juga hampir tidak ada sama sekali. Baik MCK atau yang lainnya, hanya kami menawarkannya melalui rumah penduduk yang ada di bawah Mbucu Hill, disana bisa untuk parkir, istirahat sejenak, sewa tenda, senter, MCK, dll. jadi jangan khawatir bagi yang mau camping bisa kesini dengan aman.

Trus kemana nih buat bisa ke Mbucu Hill? Mbucu Hill merupakat perbukitan yang menjadi batas antara dua Desa, yaitu Desa Sitimulyo, dan Desa Srimulyo. Keduanya sama-sama berada di Kecamatan Piyungan. Ada 3 jalan untuk kesana sebenarnya, lewat Desa Sitimulyo ada dua jalan, dan lewat Srimulyo ada 1 jalan. Jalan dari Srimulyo mengharuskan kita untuk ke Kota Piyungan terlebih dahulu, lalu keselatan dan naik, jalan disana sudah aspal, tapi nanti harus melewati jalan cor, dan jalan batu. Kalau lewat Desa Sitimulyo bisa lewat Dusun Banyakan, tepatnya Kidsfun keselatan, disana kalau naik sudah aspal sih, tapi aspalnya sudah ancur, sedikit jelek. Dan juga nanti lewat jalan batu. Kedua jalur ini mengharuskan kita parkir di pinggir jalan dan tidak ada yang menjaga nya, trus kalau musim hujan jalan sangat jelek, sangat beresiko untuk kendaraan biasa. Nah, jalur terakhir nih..jalur paling dekat dengan kota dan jalur paling favorit untuk ke Mbucu Hill. Lewat mana? Lewat Dusun Pagergunung II, Sitimulyo, Piyungan. Dari Kidsfun (Jln Wonosari) kita ambil arah kanan (keselatan) terus sampai ketemu jembatan dua yang bercabang, ambil ke arah kiri (timur) trus ketemu pertigaan yang ada tugu nya, ambil ke kanan (selatan) naik aja, sudah aspal kok, dan juga masih bagus, samapi mentok di rumah terakhir, titip saja di rumah terakhir kanan jalan (timur). Disana sudah biasa kok melayani yang mau camping ke Mbucu Hill. Nah dari sini kita naik jalan kaki, seru kannn..paling sekitar 10 menit saja sudah samapi ke puncak bukit. 

Apa saja nih yang bisa di dapat di Bukit Mbucu ini? kita dapat melihat kota jogja secara menyeluruh tanpa terhalang bukit lain, kalau cerah, wuuuuuu kita dapat melihat gunung Merapi tepat di utara kita, dan Sumbing di sisi barat daya. Trus jika sore cerah, sunset dari sini sungguh menawan. bahkan sangat menawan, matahari akan tenggelam di perbukitan menoreh di kulon progo, dan kita dapat melihatnya dari sini. :) hmmm menarik kan.

Bukit Mbucu merupakan bukit dengan batu kapur yang membentang dari barat ke timur, menjadikan tempat ini punya ciri khas yang bagus,  tanah lapang (*eh batu lapang) yang langsung menjorok ke bawah. Bukit ini juga punya dua sisi, sisi pertama di sebelah timur, berupa batu dengan bentang yang luas, dan sisi barat sedikit lebih pendek, dengan  batu putih yang khas.

Disini juga kita biasanya mengadakan acara camping sekaligus bakar ikan atau jagung, membuat agenda di atas bukit ini menjadi sangat  menarik.  so?? kemana lagi kita akan camping?? ya ke Mbucu Hill aja..hehehehe..

Oh iya, udah banyak lho yang kesini, apalagi mahasiswa, dari UNY, UGM, UAD, dari Palembang juga ada, STIKES Khadijah sama STIKES Budi Mulya, dari Padang juga pernah. banyak kan? apalagi anak SMA, atau organisasi mahasiswa, udah sering kesini. EH tahun baru yang lalu, malah bule yang kesini lhooo...

berikut beberapa jepretan ku di Mbucu Hill 3 tahun belakangan. (tahun-tahun yang lalu belum kebongkar)

 

 

Share

Artikel Terbaru

Pantai Watu Lumbung, Lumbungnya Surga Gunung Kidul12 Feb 2016 02:00Pantai Watu Lumbung, Lumbungnya Surga Gunung Kidul

Gunung kidul merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi D. I. Yogyakarta. Terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta, Gunung Kidul berbatasan langsung dengan Klaten, Sleman, Bantul. Di sebe [ ... ]

SUMBING DENGAN SEGALA KOMPLEKSITASNYA13 Oct 2014 08:47

“Ayo mendaki Pak Irfan!”, ajak waka Kesiswaan Pak Firman Hasa.  “Ayok lah…. Emang mau mendaki kemana?”, kataku bersemangat. “Gak ngerti juga. Enaknya dimana Pak?” “Lha siapa aja? U [ ... ]

Masjid 'Tiban' Malang10 Oct 2014 02:37Masjid 'Tiban' Malang

Masjid "Tiban" Malang terletak di desa Turen, Malang, Jawa Timur. Dinamakan masjid "Tiban" karena konon masjid ini tiba-tiba berdiri hanya dalam semalam saja. Ada isu yang beredar bahwa yang mendiri [ ... ]

FacebookTwitter

Login

Statistik Pengunjung

Hari ini113
Kemarin105
Minggu ini705
Bulan ini3407
Total275960