kalibiru
sunrice merapi
pantai tersirat
Tuk si Bedug
Pasar Bubrah, Merapi
Candi Ijo
Taman Pelangi, Jogjakarta
Curug Silawe
Share

Masjid "Tiban" Malang terletak di desa Turen, Malang, Jawa Timur. Dinamakan masjid "Tiban" karena konon masjid ini tiba-tiba berdiri hanya dalam semalam saja. Ada isu yang beredar bahwa yang mendirikan masjid ini adalah Jin. Namun, ketika saya berkunjung ke masjid ini dan melakukan wawancara dengan beberapa pedagang sekitar serta pengurus takmir masjid "Tiban", kabar tersebut tidaklah benar. Masjid tersebut dibangun oleh Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Falaailir Rahmah. 

Pondok Pesantren tersebut konon mulai dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kiai Ahmad. Bangunan utama pondok dan masjid tersebut sudah mencapai 10 lantai, tingkat 1 sampai dengan 4 digunakan sebagai tempat kegiatan para Santri Pondokan, lantai 6 seperti ruang keluarga, sedangkan lantai 5, 7, 8 terdapat toko-toko kecil yang di kelola oleh para Santriwati (Santri Wanita), berbagai macam makanan ringan dijual dengan harga murah, selain itu ada juga barang-barang yang dijual berupa pakaian Sarung, Sajadah, Jilbab, Tasbih dan sebagainya.

Untuk memasuki kawasan masjid ini, pengunjung sejatinya tidak perlu mengeluarkan uang, karena gratis. Hanya saja ada oknum dari masyarakat sekitar yang memanfaatkannya untuk mengambil keuntungan. [MI]

Share
Share

Masjid Dian Al Mahri atau lebih dikenal dengan Masjid Kubah Emas, terletak di Cinere, tepatnya di Jalan Meruyung, Kelurahan Limo, Kecamatan Cinere, Kota Depok. Masjid Dian Al Mahri didirikan pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006 oleh Hj. Dian Djuriah Al Rasyid. Sering disebut Masjid Kubah Emas karena memang kubahnya dibalut dengan emas 24 karat setebal 2-3mm.
 
Terdapat 5 kubah yaitu 1 kubah utama dan 4 kubah kecil yang melambangkan rukun islam. Kubah utama memiliki diameter sekitar 20m dan tinggi sekitar 25m, sedangkan kubah-kubah kecil berdiameter 7m dan tinggi 8m. Selain itu, di pojok-pojok masjid terdapat enam menara yang berbentuk segi enam. Di puncak menara terdapat kubah yang juga dilapisi emas. Enam menara ini melambangkan rukun iman.
 
Secara umum, design masjid ini menyerupai masjid-masjid Timur Tengah yang memeiliki cirri-ciri: mempunyai kubah, menara, halaman dalam, dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk.
Masjid ini dapat menampung setidaknya 20.000 jamaah dan di halamannya dapat menampung sekitar 8.000 jamaah.
 


Di kawasan masjid ini, terdapat beberapa gedung penunjang antara lain: gedung pertemuan, gedung peristirahatan, plaza, restoran, dll. Letak gedung-gedung tersebut berada di belakang masjid dan di sebelah kiri masjid.
 
Referensi:
www.wikipedia.org/wiki/Masjid_Dian_Al-Mahri
www.wikimapia.org/1468534/id/Areal-Masjid-Dian-Al-Mahri-Kubah_Emas
www.forum.viva.co.id/sejarah/1090998-sejarah-masjid-kubah-emas-depok.html

Share

Artikel Terbaru

Pantai Watu Lumbung, Lumbungnya Surga Gunung Kidul12 Feb 2016 02:00Pantai Watu Lumbung, Lumbungnya Surga Gunung Kidul

Gunung kidul merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi D. I. Yogyakarta. Terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta, Gunung Kidul berbatasan langsung dengan Klaten, Sleman, Bantul. Di sebe [ ... ]

SUMBING DENGAN SEGALA KOMPLEKSITASNYA13 Oct 2014 08:47

“Ayo mendaki Pak Irfan!”, ajak waka Kesiswaan Pak Firman Hasa.  “Ayok lah…. Emang mau mendaki kemana?”, kataku bersemangat. “Gak ngerti juga. Enaknya dimana Pak?” “Lha siapa aja? U [ ... ]

Masjid 'Tiban' Malang10 Oct 2014 02:37Masjid 'Tiban' Malang

Masjid "Tiban" Malang terletak di desa Turen, Malang, Jawa Timur. Dinamakan masjid "Tiban" karena konon masjid ini tiba-tiba berdiri hanya dalam semalam saja. Ada isu yang beredar bahwa yang mendiri [ ... ]

FacebookTwitter

Login

Statistik Pengunjung

Hari ini113
Kemarin105
Minggu ini705
Bulan ini3407
Total275960